Care and Respect dalam Halal Bi Halal HA-E IPB Secara Virtual Tahun 2020 (1441 Hijriah)

Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB (HA-E IPB) dengan program kegiatan peduli sosial telah bersinergi dengan Yayasan HA-E IPB Peduli, Kopi Oey, Komda-Komda HA-E di berbagai provinsi, angkatan, serta alumni Fahutan IPB telah melaksanakan kegiatan Care and Respect dalam bentuk pemberian paket buka puasa bersama (nasi box), pemberian bingkisan sembako, pemberian beasiswa bagi berbagai komunitas masyarakat di Bogor dan sekitarnya, serta di berbagai daerah di Indonesia, dan juga bantuan APD bagi Puskesamas dan Rumah Sakit di beberapa Kota di Indonesia.

Bantuan tersebut telah diserahkan kepada beberapa panti asuhan, yayasan sosial, pondok pesantren, mamang bibi Fahutan IPB, pedagang Kantin Rimbawan/Kornita, satpam Fahutan IPB, pensiuanan dan warakawuri dosen Fahutan IPB, anak yatim alumni Fahutan IPB, mahasiswa Fahutan IPB yang terdampak, ojek online, keluarga alumni yang sudah meninggal, serta masyarakat sekitar Kampus IPB Dramaga (Kelurahan Babakan). Kegiatan ini telah dimulai sejak awal sampai dengan akhir bulan Ramadhan 1441 Hijriah (April-Mei 2020).

Sharing pelaksanaan kegiatan Care and Respect di atas menjadi salah satu acara yang mewarnai keseruan acara Halal Bi Halal Alumni Fahutan IPB Tahun 2020 secara Virtual (Meeting ID: 879 6530 5405), pada hari Jumat, 29 Mei 2020, pukul 19.30 WIB. Yang sangat menggembirakan adalah jumlah kehadiran alumni dalam Halal Bi Halal tersebut sebanyak 328 orang alumni yang berasal dari Aceh sampai Papua, dan bahkan ada beberapa alumni yang berasal dari luar negeri (Perancis dan Jerman), serta dari angkatan yang paling senior sampai angkatan yang paling muda.

Ketum DPP HA-E IPB, Kang Bambang Supriyanto (E19), membuka dan memimpin acara ini dengan menyapa seluruh alumni yang hadir, kemudian disusul pembacaan do’a oleh Kang Fahmi Hakim (E41), dan diikuti sambutan singkat dari Dekan Fakultas Kehutanan IPB sekaligus sebagai Ketua Dewan Pengawas, Kang Rinekso Soekmadi (E19) dan sambutan singkat dari Ketua Dewan Penasehat, Kang Bambang Hendroyono (E20). Ustadz Sangudi (E19) didaulat para alumni untuk memberikan Tauziah singkat dalam Halal Bi Halal ini.

Setelah tauziah dilanjutkan dengan Sesi sharing kegiatan Care and Respect yang diisi dengan penyampaian laporan kegiatan dan perkembangan Kopi Oey yang diwakili Teh Yulita Vitalis, Yayasan HA-E Peduli diwakili oleh Teh Shanti, Bidang Peduli Sosial oleh Teh Neny Indriyana, dan Majalah Forest Digest diwakili oleh Kang Bagja Hidayat.

Pada sesi akhir, perwakilan alumni yang hadir menyampaikan kegiatan dan dukungan masing-masing dalam diskusi Konsolidasi Alumni yang dimoderasi oleh Kang Basori sebagai Ketua 2 DPP HA-E IPB (E25). Beberapa angkatan dan komda yang telah mendaftar menyampaikan berbagai aktiftas terkait kegiatan Care and Respect selama masa penanganan Covid-19 ini, seperti: bantuan APD bagi Puskesamas dan Rumah Sakit di berbagai daerah, bantuan paket sembako, nasi box untuk buka puasa bersama, pemberian beasiswa bagi anak yatim alumni, serta kegiatan yang bersinergi dengan komunitas lain.

Beberapa Komda yang menyampaikan kondisi dan kegiatannya, yaitu: Komda Jambi (Kang Bambang Julisman), Komda Sumsel (Kang Salim Jundan), dan Komda Sumbar (Kang Yozarwadi). Sedangkan beberapa angkatan yang menyampaikan kondisi dan kegiatannya, yaitu: E17 (Kang Herudojo), E18 (Kang Agus Justianto), E19 (Kang Endro Siswoko), E23 (Kang Arief Mahmud), E25 (Kang Bambang TSA), E27 (Kang Apep Yusup), E28 (Kang Yusuf N.), E30 (Kang Akub Indrajaya), E34 (Kang Ristianto Pribadi), E35 (Kang Deden Nurochman), E38 (Teh Videlia), dan E40 (Kang Khulfi).

Lesson learn dari Acara Halal Bi Halal Alumni Fahutan IPB tersebut adalah antusiasme kehadiran alumni cukup tinggi sebanyak 328 orang alumni yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri (Perancis dan Jerman); alumni terus didorong berkontribusi bagi masyarakat sekitar, karena kondisi Covid-19 saat ini yang masih terus meningkat; serta metode pertemuan secara virtual ini menjadi salah satu terobosan yang baik, bagi alumni untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan rapat, diskusi, dan konsolidasi lainnya, sehingga eksistensi alumni terus terjaga. Selain itu, mengingat bahwa tahun 2021 sebagai tahun penting adanya kegiatan Hari Pulang Kampus (HAPKA) ke-18, sehingga perlu segera didiskusikan persiapannya.

Leave a Reply