Nurcahyo : Rektor Terpilih Harus Terlepas Dari Kepentingan Politik Praktis

Bogor – HAE, Menjelang pemilihan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) periode 2017-2022, Himpunan Alumni (HA) IPB menilai, siapapun yang terpilih nanti harus terlepas dari kepentingan politik praktis. Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pembina HA IPB Nurcahyo Adi kepada Fahutanipb.com, di Bogor, Jawa Barat Kamis (27/4)

Kompetensi utama IPB utama bidang pertanian. Itu yang harus diperjuangkan. Jangan sampai Rektor nanti terlibat dalam transaksi kepentingan politik, parpol maupun golongan tertentu. Justru Rektor harus mengayomi dan berpijak pada kepentingan semua golongan sehingga otoritasnya nanti murni untuk tujuan institusi pendidikan, ungkap Nurcahyo Nurcahyo mengingatkan, meskipun saat ini lPB menerima banyak penghargaan, namun Rektor harus bertindak bijak meminimalisir kegiatan non-akademik yang tidak berkaitan dengan pertanian sebagai pondasi IPB.


Terkait itu, Nurcahyo berpendapat, Rektor harus bisa mengelola berbagai kekuatan kepentingan yang ada “Jika parpol atau golongan tertentu masuk maka yang muncul segala kebijakannya akan berpihak dan terpenjara kepentingan itu. Tantangan besar lainnya, lPB harus menjadi aktor utama memajukan pertanian Indonesia yang hingga saat ini masih menjadi hajat hidup sebagian besar rakyat. Rektor harus punya integritas” ujar Nurcahyo. 

Leave a Reply