Rapat Kerja Nasional tahun 2017 “UNTUK HUTAN, LINGKUNGAN, DAN PERUBAHAN IKLIM BERKEADILAN”

Jakarta -Forest Digest. Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan membuka acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 di kompleks Manggala Wana Bhakti, Jakarta pada tanggal 2 Agustus 2017. Presiden akan memberikan penghargaan Kalpataru, Adipura serta Adiwiyata kepada perorangan, kelompok, kepala daerah dan sekolah yang telah turut berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI juga akan menanam bibit pohon di arboretum Manggala Wana Bhakti. Masih dalam rangkaian acara yang sama, selanjutnya akan diselenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2017 dengan mengambil tema: “Untuk Hutan, Lingkungan dan Perubahan Iklim Berkeadilan”. Rakernas ini akan diselenggarakan pada tanggal 2 s/d 4 Agustus 2017 di Auditorium Manggala Wana Bhakti.

Pembicara dalam Rapat Kerja Nasional terdiri dari : Ketua Komisi IV DPR RI; Ketua Komisi VII DPR RI; Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas; Menteri Keuangan; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral; Menteri Dalam Negeri; Gubernur LEMHANNAS dan Pejabat Eselon 1 lingkup Kementerian LHK.

Rakernas akan dihadiri oleh seluruh perwakilan kementerian/ lembaga negara, perwakilan Duta Besar, Pemerintah Daerah dan stakeholders terkait lingkungan hidup dan kehutanan beserta kelompok masyarakat yang mencapai ± 700 peserta.

Menurut Kepala Biro Perencanaan Setjen KLHK, Bambang Supriyanto, “Tujuan dari Rapat Kerja Nasional ini adalah untuk mendengarkan pengarahan Presiden RI tentang perspektif pembangunan ekonomi dan lingkungan melalui konsep ekonomi berkeadilan dan berkelanjutan; optimalisasi kontribusi sektor kehutanan dan lingkungan dalam pembangunan di masyarakat dan menguatkan kerangka kerja mainstreaming perubahan iklim pada intervensi kegiatan di setiap sektor” “Selain itu Rakernas ini juga bertujuan untuk memantapkan upaya penegakan hukum lingkungan yang berkeadilan; serta membangun komitmen para pihak dalam mencapai pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, penurunan jumlah pengangguran dan pemerataan kesejahteraan; serta menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup,” tuturnya lebih lanjut. (Khulfi)

Leave a Reply