Sinergi Alumni Fahutan untuk IPB dan Indonesia

Dramaga – HAE, Fakultas Kehutanan IPB telah melahirkan kurang lebih delapan ribu lulusan dari jenjang sarjana, magister dan doktoral yang saat ini berprofesi di berbagai bidang kehidupan. Ragam profesi yang digeluti oleh alumni Fahutan IPB dalam perjalanannya mencakup sektor-sektor yang baik secara langsung maupun tidak langsung memiliki keterkaitan dengan dunia kehutanan.

Dalam kerangka mendorong satu proses sinergi diantara anggotanya, pada hari Sabtu dan Minggu 20 – 21 Mei 2017, Himpunan Alumni Fahutan IPB atau HA-E, berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan konsolidasi alumni pada tanggal 20 Mei 2017 di Kampus IPB Dramaga. Kegiatan konsolidasi ini dimaksudkan untuk mendorong agar alumni Fahutan IPB dapat terlibat lebih intensif dalam memperkuat organisasi HA-E dengan mengedepankan satu proses sinergi bersama berbagai pihak, khususnya dengan pihak Fakultas Kehutanan IPB.

Ketua Umum HA-E, Awriya Ibrahim menyatakan bahwa, “Konsolidasi alumni Fahutan IPB dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi antara kampus, alumni, birokrat dengan pihak swasta dalam kerjasama yang saling menguntungkan semua pihak.  Awriya juga mengharapkan agar acara ini dapat memperkuat hubungan antaralumni dari berbagai profesi untuk berkontribusi bagi almamater dan bangsa ”

Bagi IPB, konsolidasi ini berarti bahwa alumni Fahutan IPB sudah semestinya berkontribusi terhadap pengembangan kehidupan akademik di kampus. HA-E dapat menjadi bagian penting dalam mendorong lahirnya inovasi, kreativitas dan, pengembangan jiwa kewirausahaan bagi mahasiwa IPB dari berbagai latar belakang keilmuan.

Dekan Fahutan IPB, Rinekso Soekmadi menginformasikan bahwa, “Fahutan IPB bekerjasama dengan HAE akan segera membangun Taman Hutan Kampus Darmaga yang rencananya akan diintegrasikan dengan pengembangan edutourism, pendidikan, dan upaya konservasi ex-situ terhadap pohon dan buah-buahan hutan yang langka dan terancam punah”.

Sinergi antara alumni Fahutan IPB dengan demikian didasari oleh adanya kesadaran bersama akan keragaman profesi dan lingkup kerja anggotanya demi kemajuan kampus IPB, dan Indonesia.

Dalam rangka konsolidasi kali ini, ada beberapa agenda penting yang akan dilaksanakan, antara lain :

1. Talkshow Kewirausahaan yang menghadirkan alumni Fahutan IPB yang dianggap telah berhasil menjalani wirausahanya. Seminar ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kewirausahan bagi alumni Fahutan IPB.
2. Peluncuran Alumni Executive Lounge atas dukungan pembangunan oleh BRI
3. Peluncuran Kartu Anggota Himpunan Alumni Fahutan IPB berbasis Kartu ATM BRI

Leave a Reply