Press Release: Pengukuhan Pengurus Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (HAE) IPB Komda Jawa Tengah.

Setelah pemilihan ketua pada bulan Agustus 2021 Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (HAE) IPB Komda Jateng, akhirnya pengurus terpilih periode tahun 2021-2024 dilakukan pengukuhan oleh Ketua Umum HAE IPB. Kegiatan pengukuhan pengurus HAE Komda Jateng dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2022 di Hutan Pinus Desa Limpakuwus Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.  Acara dihadirin sekitar 150 orang keluarga besar HAE IPB Komda Jateng dan 7 Orang dari DPP HAE IPB.   Peserta bermalam di tenda dan villa yang berada di kawasan wisata Hutan Pinus Limpakuwus Perum Perhutani KPH Banyumas Timur.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Rimbawan.  Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembina HAE Komda Jateng Djohan Suryo P (E24), dalam sambutannya Djohan berharap setelah dikukuhkan pengurus  Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB Komda Jateng Periode 2021-2024 semakin menambah semangat pengurus dalam menjalankan organisasi HAE Komda Jawa Tengah.  Setelah sambutan dari Pembina sekaligus tuan rumah, kegiatan acara dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan pengurus HAE Komda Jateng periode tahun 2021-2024. Prosesi pengukuhan diawali dengan pembacaan SK Pengurus HAE Komda Jateng oleh Sri Sulistyowati (E37).  Prosesi pengukuhan langsung dilakukan oleh Ketua Umum HAE IPB Bambang Hendroyono (E20) yang juga merupakan Sekertaris Jendral di Kementrerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Setelah proses pengukuhan dilanjutkan oleh sambutan oleh ketua HAE Komda Jateng periode 2021-2024 Samsul Ulum(E34). Dalam sambutannya, Samsul mengucapkan terima kasih pada ketua umum yang telah mengukuhkan secara langsung kepengurusan HAE Komda Jateng. Samsul menambahkan bahwa program awal dari HAE Komda Jateng adalah melakukan konsolidasi alumni Fakultas Kehutanan dan IPB di Jawa Tengah.  Salah satu bentuk kegiatan konsolidasi adalah melakukan pertemuan rutin anggota di seluruh wilayah Jateng secara teratur.  Bambang Hendroyono selaku Ketua Umum HAE IPB mengucapkan selamat dan sukses untuk HAE Komda Jawa Tengah.  Selain itu Bambang Hedroyon juga menekankan 7 (tujuh) pilar dalam berorganisasi, yaitu : Menumbuhankan jiwa korsa Rimbawan, konsolidasi, Penguatan kelembagaan, Kolaborasi, peran alumni, program kerja yang jelas, dan Mensejahterakan alumni.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah kegiatan pengukuhan Pengurus HAE Komda Jateng, pada tanggal 23 Januari 2022 pagi, alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB Jawa Tengah bersama jajaran pengurus DPP HAE IPB dan Ikatan  ibu-ibu karyawan Perum Perhutani melaksanakan kegiatan peduli lingkungan dengan melakukan kegiatan penanaman dan pembagian bibit tanaman. Sebelum kegiatan penanaman dan pembagian bibit dilaksanakan kegiatan ramah taman antara DPP HAE dengan anggota HAE Komda Jateng. Acara ramah tamah dipandu oleh Komarudin (E32). Dalam kegiatan ramah taman Ketum HAE menekankan pentingnya AKHLAK (amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboiratif) bagi setiap alumni HAE dalam bekerja dan berorganisasi untuk meraih kesuksesan. Acara ramah tamah disambut sangat antusias oleh anggota HAE Komda Jateng karena merupakan kesempatan langka bagi anggota dapat berjumpa dan bertanya secara langsung pada Ketua Umum-nya.

Kegiatan pembagian bibit dan penanaman pohon dilaksanakan di kawasan wisata Hutan Pinus Limpakuwus Perum Perhutani KPH Banyumas Timur. Kegiatan penanaman adalah bentuk kepedulian HAE Komda Jateng terhadap kelestarian hutan di Jawa Tengah.  Kegiatan pembagian pohon disambut meriah oleh para pengunjung Hutan Pinus Limpakuwus.  Para pengunjung berebut menerima bibit tamanan buah-buahan gratis dari HAE Komda Jateng.  Pembagian bibit gratis ini bertujuan untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam penghijauan di sekitar rumah masing-masing.

Kegiatan pengkuhan pengurus HAE Komda Jateng, penanaman dan pembagian bibit gratis ini dapat terlaksana salah satunya berkat dukungan dari Bank Mandiri, Yayasan Lansekap Nusantara Hijau, Surveyor Indonesia, Perum Perhutani dan Hutan Pinus Limpakuwus. Ario Bhirowo selaku ketua Yayasan Lansekap Nusantara Hijau dan peserta kegiatan mengatakan bahwa “ kami sangat senang dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini karena selain sebagai sarana konsolidasi alumni juga terselipkan kegiatan yang bermanfaat bagi kelestarian hutan dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus di tingkatkan dan dilaksanakan secara teratur diseluruh wilayah Jawa Tengah”.

Leave a Reply