Ribuan Alumni Fahutan IPB Hadiri Launching Hari Pulang Kampus XVIII

pembukaan hapka xviii
pembukaan-launching-hapka-xviii

DPP Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan (HA-E) IPB menggelar Launching Hari Pulang Kampus (HAPKA) XVIII Alumni Fahutan IPB pada Sabtu, 27 Februari 2021 secara virtual. Gelaran yang dilaksanakan selama tiga tahun sekali ini dihadiri Rektor IPB University, Ketua DPP Himpunan Alumni (HA) IPB, Ketua DPP HA-E IPB, Dekan Fahutan dan Lingkungan IPB University, dan alumni Fahutan IPB dari seluruh Indonesia dan beberapa negara. Kiranya masa pandemi tidak menyurutkan semangat para alumni untuk ikut serta. Tercatat lebih dari 3.000 alumni menyaksikan acara ini.

Ketua Umum DPP HA-E IPB, Bambang Supriyanto, menyampaikan bahwa HA-E merupakan wahana silaturahmi untuk saling menguatkan sebagai sebuah kekeluargaan, serta saling menopang untuk kemajuan individu, angkatan, maupun IPB.

“Oleh karena itu saya mohon silaturahmi ini harus dilaksanakan di tingkat tapak, daerah, DPP, serta di seluruh Indonesia di tingkat nasional. Alumni juga bagian dari keluarga Fahutan dan Lingkungan, maka kita harus membimbing adik-adik yang baru lulus, meningkatkan interaksi dengan Fakultas, serta memberikan masukan kepada fakultas agar modul-modulnya sesuai dengan kebutuhan saat ini,” pesan Bambang.

Sebagai bagian dari pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, Bambang berharap, para alumni juga dapat memberikan kontribusi melalui kapasitas yang dimilikinya baik secara individu maupun kelompok. “Kontribusi ini perlu diberikan sesuai dengan kemampuan di tingkat tapak, regional, dan nasional. Apapun kontribusinya, tentu akan sangat dihargai untuk kemajuan lingkungan hidup dan kehutanan,” lanjut beliau yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, KLHK.

Menanggapi situasi pandemi Covid-19 saat ini, Bambang mengimbau kegiatan silaturahmi harus tetap berjalan meski secara virtual. “Tidak hanya untuk share learning, tapi juga untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang kesusahan atau terkena musibah,” lanjutnya. Sebagaimana diketahui, selama ini DPP HA-E IPB juga aktif dalam berbagai aksi sosial bencana alam dan mendukung beasiswa.

Sementara itu, Rektor IPB University, Arif Satria berharap, melalui HAPKA XVIII ini para alumni dapat terus berbagi pengalaman, saling menginspirasi, dan terus membangun sinergi, untuk kemajuan almamater dan kemajuan bangsa.

Dalam situasi pandemi yang belum kunjung berakhir, perhelatan Road to HAPKA XVIII Alumni Fahutan IPB akan dimulai pada bulan Maret 2021 dengan serial diskusi yang melibatkan para pihak. Tak hanya itu, panitia juga telah menyiapkan berbagai acara. “HAPKA XVIII akan diisi dengan Gowes Asik, Fun Offroad, Aksi Bersih, Peduli Alumni, Wanabhakti Award, dan berbagai event lainnya yang penyelenggaraannya juga melibatkan Komisariat Daerah Himpunan Alumni Fahutan IPB. Jika Tuhan mengizinkan acara puncak HAPKA akan digelar pada bulan September 2021,” papar Nunu Anugrah, Ketua Pelaksana HAPKA XVIII.

Launching HAPKA XVIII juga dihadiri Ketua HA IPB, Fathan Kamil, dan dimeriahkan oleh Sylva Group yang membawakan lagu Kota Bogor dan Kelana Rimba. Origen juga turut menambah semarak acara dengan lagu-lagu 80an dan 90an. Di penghujung acara, panitia menyiapkan Diskusi bertajuk Masa Depan Lingkungan setelah Pandemi. Dengan line up narasumber seperti Nadine Chandrawinata, Dekan Fahutan dan Lingkungan IPB University, serta Ketua Umum DPP Himpunan Alumni Fahutan IPB, diskusi yang dimoderasi Galuh Sekar Arum ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran para alumni dalam meningkatkan kualitas lingkungan pasca pandemi.

“Dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan, selain gerakan go green, ada juga go blue, dan ini harus dilaksanakan secara seimbang karena semua terhubung,” demikian pesan Founder Seasoldier, Nadine Chandrawinata.

Harapannya, HAPKA XVIII diharapkan dapat meningkatkan keceriaan dan imunitas alumni Fakultas Kehutanan IPB pada masa pandemi ini. (*)

Leave a Reply