Peraturan dan Tata Tertib Lomba

Persyaratan Umum

  1. Bisa diikuti oleh warga negara Indonesia maupun warga negara asing baik pria maupun wanita.
  2. Pada tanggal 1 Juni 2021:
    1. Usia termuda yang diizinkan sudah berumur 15 tahun.
    2. Usia tertua yang diizinkan berumur 75 tahun.
  3. Event ini adalah Gowes virtual outdoor, lokasi gowes bisa dimanapun selama itu di muka bumi dan terdapat sinyal GPS untuk direkam di aplikasi STRAVA. Hanya aktivitas bersepeda outdoor yang akan diperhitungkan dalam pencatatan akumulasi jarak.
  4. Kondisi sehat jasmani dan rohani untuk melakukan aktivitas bersepeda.
  5. Tersedia 2 jenis Kategori :
    1. Umum
    2. Civitas dan Alumni Fahutan IPB University yaitu perseorangan yang sedang melaksanakan kuliah atau lulusan tahun kapanpun atau yang bekerja di Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University.
  6. Registrasi
    1. Proses registrasi online melalui link yang REGISTRASI dalam website ini dengan mengisi form pendaftaran yang tersedia, mencantumkan akun STRAVA dan melampirkan foto identitas (KTP/KK/SIM/Passport/kartu pelajar) terutama saat validasi bagi mereka yang dinyatakan menang dalam kejuaraan (jarak), lomba foto Instagram, dan doorprize.
    2. Tanggal 6 Juni - 30 Juni 2021 atau bisa berakhir lebih awal karena keterbatasan kuota
    3. Biaya registrasi Rp. 18.018
  7. Mendapatkan E-Certificate, medali FINISHER, dan berhak membeli race pack bagi peserta yang telah melakukan gowes diatas 18 km.
  8. Hanya peserta yang terdaftar dalam database panitia yang bisa membeli merchandise melalui link registrasi.
  9. Jenis sepeda yang dapat digunakan adalah semua jenis sepeda bertenaga manusia selama itu layak dan aman di jalan (Road bike, sepeda gunung/MTB, sepeda lipat/seli, touring, fixie, klasik, minion, roda 3). Sepeda yang menggunakan tenaga listrik/batrei (E-bike) dalam bentuk apapun tidak diperkenankan.
  10. Seluruh sepeda yang akan terlibat dalam event Ride to HAPKA XVIII harus memenuhi persyaratan program Bersepeda yang aman sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Program tersebut mewajibkan menggunakan helm, kacamata, menggunakan jersey/baju sport, sarung tangan, dan penggunakan sepatu sport.
  11. Selama mengikuti event ini bersedia mendukung program Lawan COVID-19: menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, menggunakan masker/buff, menghindari gowes bersamaan lebih dari 5 orang, sering mencuci tangan, tidak berhenti di tempat keramaian.
  12. Seluruh peserta tidak terkecuali harus mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku untuk kendaraan secara umum maupun peraturan-peraturan khusus untuk moda transportasi sepeda: kelengkapan sepeda, jalur aman sepeda, rambu dan marka lalu lintas, lampu isyarat lalu lintas, dan lain-lain.

Data Aktivitas Bersepeda

  1. Metoda perekaman aktivitas bersepeda Ride to HAPKA XVIII hanya menggunakan aplikasi STRAVA. Bagi yang belum memiliki silahkan install dan registrasi, baik di aplikasi IOS ataupun Android
  2. Seluruh peserta diwajibkan untuk mengajukan untuk bergabung di club STRAVA yaitu www.strava.com/clubs/HAPKA-XVIII
    1. Panitia tidak akan meng-invite peserta yang belum masuk ataupun yang merevisi STRAVA ID yang terinput salah. Tanggung jawab masing-masing peserta untuk proaktif meyakinkan STRAVA ID saat registrasi benar dan terdaftar di Club HAPKA-XVIII
    2. Konsekuensi memberikan STRAVA ID yang tidak benar, typo, dll berakibat data perolehan jarak di STRAVA tidak bisa di import ke database panitia.
  3. Setting privacy di Aplikasi/web STRAVA harus default. Perubahan setting privacy bisa berakibat aplikasi kami tidak bisa mengakses data peserta.
  4. Rute perjalanan peserta harus di set bisa terlihat oleh umum/peserta lain.
  5. Tidak ada metode perekaman aktivitas bersepeda versi lain yang diperbolehkan: aplikasi lain, screenshot hasil dari smartwatch, menyerahkan GPX/KML file, dll.
  6. Peserta tidak perlu melakukan lapor/submit data bersepeda. Aplikasi kami akan mengambil data aktivitas bersepeda langsung dari masing-masing STRAVA ID yang diberikan saat registrasi. SANGAT PENTING UNTUK MENGINFORMASIKAN STRAVA ID YANG BENAR.
  7. Jarak tempuh minimal 1 km per aktifitas.
  8. Data aktivitas bersepeda yang valid adalah terekam dengan benar di STRAVA pada masa 15 Juni 2021 jam 00.00 wib sampai dengan 31 Agsutus 2021 jam 23.59 wib.
  9. Rekaman aktivitas bersepeda yang di flag merah oleh STRAVA (ada potensi kecurangan oleh system STRAVA) akan diabaikan dari perhitungan akumulasi jarak.
  10. Bila karena kendala teknis, data jarak bersepeda berkurang, hilang, dan tidak bisa ditemukan di history STRAVA, panitia hanya akan mengikuti apa yang terlihat di STRAVA.
  11. Bila terjadi data duplikasi (tanggal, waktu, dan rute yang sama), panitia akan menghapus salah satu data duplikasi tersebut dari database, bukan dari history STRAVA masing2 peserta.
  12. Data perolehan peserta, secara berkala akan kami update di website ini. Kami tidak menggunakan leaderboard club STRAVA karena keterbatasannya yang hanya menampilkan 100 peserta dengan jarak terjauh mingguan.
    1. Pengolahan data akan dilakukan di database panitia, bukan langsung dari STRAVA.
    2. Sinkronisasi data akan dilakukan berkala dan bukan real time sync 24 jam

Silakan Download Aplikasi STRAVA dibawah ini: